Cara Dapat Kerja Jadi GIS Engineer Dari Lowongan Perusahaan

Mendapatkan pekerjaan adalah impian bagi para jobseeker. Seluruh lowongan ditelusuri mulai dari Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Bandung, Solo, hingga Surabaya untuk semua posisi. Salah satu posisi yang dicari yaitu GIS Engineer.

Sebenarnya apa itu GIS Engineer? dan perusahaan seperti apa yang butuh jabatan tersebut?, lalu bagaimana kriteria seseorang dapat diterima kerja menjadi GIS Engineer?. Pada postingan ini saya coba ulas based on experience. So, simak selengkapnya ya.

Cara Dapat Kerja Jadi GIS Engineer Dari Lowongan Perusahaan

Apa itu GIS Engineer?

GIS Engineer adalah posisi pekerjaan yang mampu mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data spasial (peta) dengan teknologi GIS untuk memecahkan suatu masalah terkait geospasial.

Pada sebuah perusahaan, jabatan GIS Engineer biasanya dipegang oleh orang yang lulusan dari pemetaan seperti Geodesi/Geomatika. Akan tetapi, lulusan Geografi, Planologi, dan informatika juga dapat mengisi posisi tersebut.

Tugas GIS Engineer

Tugas pekerjaan seorang GIS Engineer seperti yang telah disebutkan sebelumnya seputar teknis manajemen data spasial dan penerapannya dengan perangkat lunak GIS. Berikut ini contoh tugas pekerjaan seorang GIS Engineer di perusahaan yang bergerak di bidang tambang (mining)

  • Persiapan peta untuk rencana perizinan area tambang
  • Analisis area tambang termasuk dari sisi topografi, geologis, hutan, dan jarak
  • Identifikasi adanya perubahan lahan di sekitar area tambang dengan citra satelit
  • Mengelola database tambang dan memproses data ukur lapangan dari surveyor
  • Desain kolam tambang beserta perhitungan volume airnya
  • Laporan mingguan, bulanan, tahunan, semester dan triwulan.

Deskripsi pekerjaan di atas semuanya membutuhkan keahlian penerapan dan pemahaman GIS. Seorang GIS Engineer harus bisa memakai perangkat lunak GIS untuk menyajikan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan agar aktivitas tambang berjalan lancar.

Lowongan GIS Engineer di Berbagai Perusahaan

Apakah ada lowongan kerja GIS Engineer di perusahaan Indonesia? Jawabannya Ada, namun terbatas. Berdasarkan pengamatan saya pribadi, GIS Engineer dapat bekerja di berbagai bidang yaitu pemerintah, konsultan pemetaan, perminyakan (oil and gas), pertambangan (mining), perkebunan (sawit), konstruksi dan lingkungan.

Kebutuhan jumlah posisi GIS Engineer di setiap perusahaan terbilang sedikit, maksimal mungkin 2 orang. Hampir di setiap bidang, peran GIS Engineer lebih ke support. Jika lebih dari 2, biasanya memang kebutuhan perusahaan untuk menangani beberapa proyek.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan di Indonesia yang menerima posisi GIS Engineer.

  • PT. Pertamina Hulu Rokan
  • PT. Geonet Infomedia
  • PT. Chevron Pacific Indonesia
  • PT. Karvak Nusa Geomatika
  • PT. Esri Indonesia
  • PT Amman Mineral
  • ATR/BPN
  • PUPR
  • PT. Karyamas Adinusantara
  • PT Solusi Energy Nusantara

Saya tidak menyebutkan semua nama perusahaan mana saja yang ada lowongan GIS Engineer di Indonesia. Namun ini hanya sebuah gambaran saja, mungkin Anda juga bisa mencari sendiri perusahaan lokal dan luar negeri mana saja yang buka lowongan pekerjaan GIS Engineer.

Cara Diterima Kerja Sebagai GIS Engineer

Menjadi seorang GIS Engineer itu susah-susah gampang, ini opini saya loh ya. Selain kualifikasi latar belakang pendidikan, skill atau keahlian yang dibutuhkan juga harus terpenuhi guna meningkatkan kesempatan Anda diterima kerja cepat sebagai GIS Engineer.

Pada pembahasan ini saya akan coba kasih tips bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di posisi GIS Engineer. Cepat atau lambat, tips tips berikut mugkin bisa berguna bagi Anda para jobseeker GIS.

1. Perhatikan Kualifikasi Dasar Lowongan

Kualifikasi dasar lowongan sebuah pekerjaan bersifat dinamis, artinya tidak sama persis antar perusahaan. Hal ini terjadi sesuai kebutuhan masing-masing company. Begitu juga dengan posisi GIS Engineer yang mana kualifikasi dasar yang disaring oleh HRD yaitu latar pendidikan.

Biasanya latar pendidikan berpengaruh cukup besar untuk posisi GIS Engineer. Seperti yang saya singgung sebelumnya, GIS Engineer di dominasi oleh lulusan Geodesi. Jadi Anda yang lulusan geodesi, bisa dipastikan masuk ke daftar kandidat.

2. Pengalaman Kerja di Bidang GIS

Pengalaman kerja jadi kunci keberhasilan untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan yang ingin instan, artinya mereka cari orang/kandidat yang siap kerja tanpa pelatihan dsb. Sebaliknya, lowongan tersebut memang untuk senior ke atas, jadi butuh setidaknya 5 tahun experience.

Lantas, para lulusan baru atau fresgraduate nasibnya bagaimana? simple saja, cari pengalaman yang banyak. Contohnya ikut proyek dosen, atau jadi freelance GIS. Pokoknya jangan gengsi, karena pengalaman kerja tersebut bisa anda tulis di CV.

3. Tingkatkan Kemampuan GIS Anda

Jika dirasa kemampuan GIS yang Anda miliki kurang, sebaiknya Anda tingkatkan lagi. Pasalnya, bekerja sebagai GIS Engineer itu harus punya pondasi GIS yang kuat. Jika tidak, Anda akan kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan di kantor.

Saran saya pelajari operasi berbagai perangkat lunak GIS, spasial database, GIS enterprise, dan pemograman (Phyton atau Java). Anda bisa ikut workshop atau pelatihan jika bingung harus mulai dari mana. Lalu, Anda juga dapat mengikuti sertifikasi keahlian di bidang GIS untuk memvalidasi kompetensi GIS yang Anda miliki.

4. Perluas Relasi di Bidang GIS

Relasi menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan pekerjaan. Jika Anda memiliki banyak kenalan di berbagai perusahaan, bermodalkan ijazah saja sudah cukup. Namun hal itu sangatlah effortless dan tidak menunjukkan kualitas diri Anda.

Membangun network yang luas adalah hal yang baik di dunia kerja. Soalnya beberapa info lowongan terkait GIS secara ekslusif dapat diperoleh dari cirlce Anda. Bahkan mereka menawari Anda secara langsung untuk bergabung. Kok bisa begitu, Apa sih kuncinya?

Self branding adalah kunci untuk mendapatkan relasi yang luas, Anda bisa perbaiki profil LinkedIn dengan mencantumkan pengalaman dan skill yang Anda miliki di bidang GIS. Mulailah perkenalkan diri Anda dengan senior-senior GIS Engineer di sana. Selain itu, Anda dapat bergabung ke komunitas GIS yang ada di Internet.

5. Persiapkan Diri untuk Lamaran

Mulai dari sekarang coba Anda persiapkan berkas lamaran kerja yang dibutukan seperti CV, portofolio, dan kemampuan komunikasi. Pastikan Anda membuat CV yang menarik, lengkap, terstruktur dan mewakili kompetensi diri Anda.

Buat juga portofolio sesuai pengalaman yang Anda miliki terkait bidang GIS atau posisi GIS Engineer sebelumnya. Selain itu, Anda harus berlatih komunikasi yang baik dan sopan untuk interview baik online maupun offline. Pastikan bahwa Anda yakin dengan apa yang disiapkan.

Tak lupa juga untuk mempersiapkan test yang diberikan oleh setiap perusahaan. Sepengalaman saya, ada beberapa test yang akan Anda lalui, seperti psikotest, keterampilan teknis, dan kesehatan. Jadi siapkan dengan baik semua kemungkinan test-test tersebut.

Akhir Kata

Begitulah tips-tips dari saya mengenai Cara Dapat Kerja Jadi GIS Engineer Dari Lowongan Perusahaan. Semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan pada posisi GIS Engineer di perusahaan yang Anda impikan. Jangan takut untuk gagal, dan tetap semangat. Soalnya masih ada kesempatan di luar sana yang menunggu diri Anda. Terima kasih telah membaca postingan ini, sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *