Cara Convert SHP ke KML/KMZ di Global Mapper

Global Mapper adalah software GIS yang memiliki kemampuan konversi format data spasial ke format lain. Terdapat lebih dari 300++ format data yang dapat di import atau export, termasuk convert shp to KML/KMZ.

Jika Anda bingung dan ingin mencari tau bagaimana cara convert shp ke KML di Global Mapper? Tak perlu khawatir, jawabannya cukup simak tutorial di bawah ini dengan seksama.

Apa itu file KML?

KML singkatan dari Keyhole Markup Language adalah ekstensi xml yang menyimpan data spasial. Sedangkan KMZ (Keyhole Markup Language Zip) untuk menyimpan beberapa KML. Biasanya kedua format data tersebut erat kaitannya dengan Google Earth.

Data KML biasanya banyak digunakan oleh praktisi GIS dan planner di berbagai bidang sektor. Saya sendiri menggunakan format data tersebut biasanya untuk keperluan visual saja.

Cara Konversi Shapefile (shp) ke KML/KMZ di Global Mapper

Mengapa perlu dilakukan proses Convert file SHP ke KML/KMZ?, sebenarnya ada beberapa alasan. Salah satunya yaitu agar data SHP dapat dibuka dan diintergrasikan dengan fitur lainnya di Google Earth.

Lanjut ke pembahasan inti, konversi data shp ke KML/KMZ di Global Mapper tidaklah sulit. Cara convert nya sebagai berikut:

  1. Buka Software Global Mapper
  2. Open data file shapefile (shp) Anda
  3. Klik File > Export > Export Vector / Lidar Format
  4. Pilih format KML/KMZ (Vector Data Only)
  5. Pada Export Options, biarkan settingan secara default
  6. Klik Ok, lalu beri nama file & save.
  7. Silahkan cek hasil convert ke dalam software

Anda dapat memilih data shapefile mana yang ingin dikonversi ke KML/KMZ sebelumnya dengan menonaktifkan layer shp di bagian Control Center. Terkait versi Global Mapper, versi standar saja sudah cukup tanpa harus memakai Global Mapper Pro jika kebutuhannya sekedar convert file .

Demikian artikel mengenai Cara Convert SHP ke KML/KMZ di Global Mapper. Semoga bermanfaat bagi Anda!. Jika Ada pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi saya di bagian kontak atau email ke lhakim@geonet.co.id.

Baca juga: Cara Export Data Shapefile (.shp) di Global Mapper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *