10 Alasan Mengapa Aplikasi TikTok Populer

10 Alasan Mengapa Aplikasi TikTok Populer – Sosial media (sosmed) telah menjadi kebutuhan hidup bagi people jaman now. Banyak aplikasi sosmed yang tujuannya selain alat komunikasi jarak jauh juga sebagai media penghibur semata, contohnya TikTok.

TikTok adalah aplikasi platform video lipsync lagu (seperti musically) yang diciptakan oleh ByteDance tahun 2017 di Beijing, China. TikTok juga berisi video berbau komedi, sport, fashion, seni (art), kreativitas (DIY), dll dengan durasi video pendek (15-60 detik).

Faktanya, kini TikTok sangat populer di berbagai negara termasuk Indonesia. TikTok telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak didownload (App Store & Google Play). Mayoritas pengguna (user) TikTok adalah kaum generasi micin berusia 16-24 tahun

Apakah Anda pengguna TikTok? Apa tujuan Anda menggunakan TikTok?. Nah, disini saya akan memaparkan: Mengapa Aplikasi TikTok Populer dalam rentan waktu yang singkat?. Tak usah lama-lama, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. TikTok Mudah Digunakan

Pemakaian aplikasi TikTok tidaklah rumit. Bermodalkan HP, buat video di TikTok sangat cepat, mudah, & simple. Pengguna TikTok cukup mengekspresikan diri mereka ditambah filter yang ada. Editing video di TikTok pun tidak seperti mengedit video Youtube. 

Rasa kemudahan inilah yang bikin TikTok cepat populer terutama di kalangan pelajar remaja (terutama wanita). Ditambah lagi aplikasi TikTok ini gratis tanpa bayar. Jadi mereka berlomba untuk menunjukkan sisi kreativitasnya ke publik.

2. TikTok Bikin Terkenal 

Pengen terkenal? TikTok mungkin bisa mewujudkannya. Aplikasi ini memberi kesempatan untuk Anda menjadi bintang superstar. Jika Anda punya jago nyanyi, dance, atau akting, maka manfaatkanlah aplikasi TikTok sebagai media penyalur bakat Anda.

Salah satu contoh superstar TikTok adalah Bowo Alpenliebe. Pria berusia 14 tahun ini sukses berkarir lewat TikTok. Video TikTok Bowo sangat bagus dan kreatif. Tak heran banyak gadis remaja seusiannya kagum dan ngefans dengan Bowo-kun.

3. TikTok Dapat Uang

Main TikTok dapat uang? Hal itu benar sobat. Anda bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah. Apa syarat nya?. Followers TikTok harus banyak (10-20k). Dari sana Anda bisa buka jasa endorse atau menjadikan TikTok sebagai media promosi barang Anda.

Lain lagi jika Anda melakukan live streaming di TikTok. Terdapat fitur pemberian gift dari follower Anda yang dibeli melalui koin TikTok. Saldo koin TikTok yang terkumpul saat live streaming dapat ditarik (redeem) untuk dikonversi ke mata uang rupiah.

4. TikTok Tempatnya Mencari Perhatian

Jika Anda ingin mencari perhatian seseorang yang Anda taksir (Eaaa), ternyata TikTok bisa lohh. Buatlah video TikTok dengan pilihan lagu yang menggambarkan kondisi perasaan hatimu. Tunjukkanlah gerakan tubuh yang mengandung kode untuk diberikan ke doi.

Tak heran pengguna TikTok berusia remaja membludak. Sebab, di usia tersebut mereka mulai mengenal dunia percintaan. Ketimbang kamu buat status di Whatsapp, Facebook, atau story Instagram, coba asah kreativitas mu dan rasakan sensasinya di TikTok.

5. Fitur TikTok Yang Menarik

Walaupun Anda tidak sehebat profesional video editor, akan tetapi TikTok menemukan solusinya. Dibekali fitur seperti editing, kumpulan lagu, dan efek-efek yang ada di TikTok membuat aplikasi tersebut menjadikan Anda sebagai seorang videografer handal

Salah satu fitur TikTok yang paling banyak digunakan adalah fitur slow, transisi, dan filter yang menggugah mata untuk dilihat para penonton. Anda pun juga dapat mencoba fitur-fitur tersebut sembari mempelajari teknik agar video TikTok Anda viral.

6. Dukungan Konektivitas

Dahulu, untuk membuka sebuah situs saja butuh waktu yang lama karena keterbatasan sinyal. Kemajuan teknologi yang pesat membuat setiap smartphone saat ini memiliki koneksi jaringan 4G. Masyarakat kini dapat menikmati kecepatan internet yang cepat

Membuka video-video di situs seperti Youtube menjadi tak masalah tanpa ada buffer. Hal tersebut berdampak juga pada meningkatnya popularitas TikTok. Banyaknya warga yang mengakses aplikasi TikTok disebabkan adanya dukungan konektivitas yang mumpuni.

7. Influencer

Akhir-akhir ini TikTok digandrungi oleh para artis. Hal ini membuat penggemar (fans) dari artis tersebut ikut menggunakan TikTok dan meniru konten yang dibuat artis idolanya. Tak heran sekarang TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2019. 

Artis-artis pun berlomba-lomba membuat konten TikTok sebagus mungkin untuk menarik perhatian para fans nya dan menambah pundi-pundi uang seperti Marion Jola artis dari Indonesian Idol.

8. Konten TikTok Family Friendly

Konten di aplikasi TikTok bersifat menghibur yang memicu canda tawa sehingga tidak mengundang rasa bosan. Hal ini membuat pengguna TikTok berlama-lama di aplikasi tersebut. Jika Anda sedang dilanda sedih atau kecewa, konten TikTok jawabannya.

Sifatnya yang universal membuat konten TikTok dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Namun, orang tua juga harus memperhatikan apa yang dilihat oleh anaknya di TikTok. Supaya anak tidak terpengaruh dengan hal-hal yang membuat anak jadi alay.

9. Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar menjadi alasan yang cukup kuat mengapa TikTok cepat populer, sebut saja lingkungan pergaluan anak remaja. Berawal dari satu atau orang yang menggunakan TikTok, kemudian menyebar hingga satu sekolahan.

Penyebaran yang diakibatkan oleh efek lingkungan dirasakan pula oleh kaum ibu-ibu millenial. Banyak video konten di TikTok yang viral berasal dari emak-emak yang sangat lucu tetapi memliki jiwa seni. Jika Anda memiliki iman yang kuat, Anda takkan terpengaruh.

10. Banyaknya Haters

Menjadi hal yang lumrah jika haters bermunculan akibat membludaknya pengguna TikTok di Indonesia. Berawal dari celotehan dan komentar pedas dari para haters, tak disangka hal tersebut membuat kiprah aplikasi TikTok di Indonesia menguat.

TikTok memang aplikasi yang mengundang banyak kreativitas anak muda. Kepopularitasan yang diperoleh naik bak roket. Aplikasi ini telah memproduksi banyak artis-artis baru di dunia hiburan tanah air. Maju terus per TikTok-an Indonesia.

Demikian postingan 10 Alasan Mengapa Aplikasi TikTok Populer. Semoga bermanfaat!