8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR

8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR– Pertanyaan awam, apa itu LIDAR? LIDAR kepanjangan dari Light Detection and Ranging, adalah teknologi pemetaan remote sensing (penginderaan jauh) yang sedang trend di kalangan para surveyor geodesi.

Singkatnya, LIDAR menggunakan sinar laser dimana laser tersebut menuju ke target dan dipantulkan kembali ke alat. Hasil pantulan laser LIDAR akan memberikan informasi detil terkait posisi (X,Y,Z) dan bentuk target.

Instrumen LIDAR sendiri terdiri dari laser, scanner dan GPS. Wahana LIDAR biasanya pesawat atau mungkin drone. Lalu, apa software terbaik pengolah data LIDAR? Berikut 8 Aplikasi Software Terbaik Pengolah Data LIDAR.

8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR

1. Global Mapper

best lidar software from blue marble geographics

Global Mapper bisa menjadi pilihan pertama sebagai software pengolah data LiDAR terbaik bagi praktisi GIS di tingkat pemula dan advance.

Selain dilengkapi banyaknya fitur terkait proses & analisis GIS, Global Mapper versi Pro mampu melakukan proses dan visualisasi 3D baik data point cloud LiDAR maupun data drone image. Software ini juga tidak berat ketika running di PC/laptop

Berbicara cost, harga Global Mapper cukup terjangkau dibanding software GIS lainnya. Jadi tunggu apa lagi, beli lisensi resmi Global Mapper Indonesia di PT. Geonet Infomedia atau silahkan kontak email ke lhakim@geonet.co.id. Kami siap support!

2. RIEGL RiALITY

RIEGL RiALITY, software dari Austria ini mengolah data point cloud LIDAR dari IPad dan mampu menampilkan point cloud dalam 3D secara warna nyata (true color). 
Luar biasa bukan?.

Namun, untuk dapat menggunakan RIEGL RiALITY, Anda harus menggunakaan alat laser bawaan dari perusahaan RIEGL yaitu RIEGL terrestrial laser scanners.

3. Lizardtech

Jika Anda mengeluhkan data LIDAR yang begitu besar untuk komputer Anda, mungkin LIDAR Compressor menjadi solusi sekaligus menjadi pilihan sebagai software pengolah data LIDAR Anda.

Bayangkan saja, software ini mampu mengurangi kapasitas ukuran data LIDAR sebesar 25% dari ukuran data semula dan tetap mempertahankan kualitas data LIDAR.

4. LP360

LP360 merupakan ekstensi software ArcGIS untuk memproses data LIDAR. Para mastah GIS pasti sudah mengenal bahwasanya ArcGIS adalah ketuanya software GIS.
Hebatnya lagi, LP360 memiliki 3 kelebihan yang diunggulkan diantaranya: 

  1. Visualisasi data point cloud yang cepat ke dalam bentuk DEM, TIN, dll secara 3D
  2. Ekstraksi data LIDAR ke dalam bentuk poligon berupa shapefile
  3. Klasifikasi otomatis data point cloud LIDAR

Ekstensi ArcGIS ini juga mampu melakukan digitasi batas area wilayah dengan kondisi yang diinginkan secara otomatis.

Baca juga: 5 Laptop RAM 4GB Terbaik Pengolah Data GIS

5. FME

FME atau lebih dikenal Feature Manipulation Engine merupakan software pengolah data spasial yang cukup mumpuni. 

Software asal negara Kanada yang terkenal dalam menangani konversi format data spasial dan non-spasial ini ternyata memiliki tool untuk mengolah data LIDAR. 

Anda pun juga dapat mengubah format data LIDAR ke format lain dengan mudah dan cepat. Banyak fitur pada software ini yang menurut saya cukup memadai dalam pengolahan data LIDAR.

6. GRASS GIS – LIDAR Tools

GRASS GIS terkenal sebagai software open source nya GIS yang memiliki tools untuk mengolah data point cloud LIDAR dan selanjutnya hasil pengolahan data LIDAR dapat dinalisis secara GIS. Jadi, bagi Anda yang ingin software open source, saya rasa GRASS GISS bisa menjadi opsi yang tepat.

7. ENVI – LIDAR

ENVI adalah salah satu software yang paling ampuh dan terkenal untuk data remote sensing. Software ini banyak digunakan oleh para ahli di bidang penginderaan jauh.

ENVI – LIDAR mampu membuat visualisasi 3D data point cloud LIDAR dan melakukan ekstraksi fitur penting seperti bangunan, vegetasi, jalan dll dengan mudah dan cepat

8. LAStools

LAStools juga merupakan ekstensi yang digunakan untuk ArcGIS. Software ini mampu mengklasifikasi, tiling, konversi, melakukan filter, clip, data LIDAR dan masih banyak lagi fitur yang bisa digunakan untuk keperluan pengolahan data LIDAR.

Jika Anda ingin memiliki software pengolah data LIDAR yang cepat dengan penyimpanan memori yang terbilang sedikit, LAStools bisa menjadi solusi bagi Anda. 

Demikian 8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR menurut GIS Infomedia. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS